Sunday, February 14, 2016

Museum Ulen Sentalu

Yogyakarta, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta, Indonesia
Ulen sentalu yuk!
Kali ini aku akan bawa kalian ke kaliurang, yogyakarta! 
Persiapan yang perlu kalian sediakan kali ini, cukup uang IDR 30K dengan fasilitas yang didapat tour guide dan minuman awet muda di tengah perjalanan. Kesan saat menuju loket pembelian tiket, kalian akan lihat tanaman rambat serta akar yang terlihat menonjol dari tanah dan melilit pada pepohonan seakan museum ini bagian dari alam sekitar. Saat itu wisatawan yang datang baru ada 4 orang termasuk aku, jadi kita menunggu beberapa menit untuk memenuhi kuota masuk yaitu 7 orang setiap perjalanan. Bersiaplah untuk mendengarkan secara seksama setiap penjelasan pemandu, karena itu sangat menarik. Dari persoalan sejarah nya museum, saat erupsi merapi, cinta, kesetiaan, pengabdian dan silsilah kerajaan di Yogyakarta
semuanya dijelaskan selama perjalanan. Kalian boleh bertanya ke pemandu bila ada suatu hal yang menarik perhatian kalian. Di museum ulen sentalu tidak semua tempat boleh melakukan sesi foto jadi dengarkan aba - aba dari pemandu dengan baik ya guys :)
(Ingat! peraturan dibuat bukan untuk dilanggar!)
Positif nya, kita bisa mendengarkan pemandu dengan fokus tanpa sibuk foto sana - sini walaupun ada beberapa momen yang ingin diabadikan tapi aku rasa semuanya itu memang kebahagian yang hanya bisa dirasakan saat kita memang tepat berada disana dan tidak bisa dibawa keluar. Ingin dibagikan pun aku rasa bayangan kalian mengenai ulen sentalu itu tidak cukup hanya sekedar dibayangkan. Ini sesuatu yang bernilai bila kalian bisa menghargai nya, seriusan!



Menuju Loket Museum Ulen Sentalu  
*sumber pribadi
Kebetulan aku bergabung dengan rombongan dari jakarta, mereka banyak bertanya mengenai berbagai hal seperti nya mereka sangat menikmati, sama halnya seperti aku berdecak kagum dengan pemandangan dan penjelasan dari setiap ruangan yang kami masuki. Sampai pada ruang istirahat, kalian akan di segarkan dengan segelas minuman awet muda tapi sayangnya aku bukan chef  bisa langsung tahu apa ramuannya, yang pasti rasanya manis. Berlanjut menuju jalan setapak dimana izin foto diperbolehkan. Ingat, jangan sampai keasikan, moment yang dinanti ada diujung perjalanan :)

Kalian boleh berfoto disini :)
*Sumber Pribadi
Yups !
Sampai pada tempat populer museum ulen sentalu yaitu arca yang dipasang miring. Kalian mesti tahu kenapa arca ini dipasang miring!
"Menandakan anak muda harus melestarikan sejarah agar tidak runtuh. Begitu lah pesan dari arca tersebut" ujar pemandu. Sangat mendalam bukan?! Menohok tentunya :(
Arca Miring di Museum Ulen Sentalu
*sumber pribadi

Sampai pada akhir dari perjalanan, sebelum keluar kalian akan melewati cafe dan butik yang berada di Museum Ulen Sentalu. Jangan lewatkan untuk ke cafe beukenhof, rekomendid untuk kalian yang suka suasana romantis dan tenang. Mengenai harga kisaran IDR 22K - Ratusan, kami memilih menikmati suasana Museum Ulen Sentalu dari teras cafe. Pelayanan, makanan, tempat serta suasana yang kalian dapatkan sepadan dengan harga yang dikeluarkan.

Butik di Museum Ulen Sentalu
*Sumber pribadi

Suasana cafe beukenhof di Museum Ulen Sentalu
*Sumber pribadi
Sebenarnya ruangan cafe lumayan besar namun tidak semua tempat sempat dieksplor karena kendala teknis.
Aku anjurkan bila berkunjung ke kaliurang sempatkan waktu kalian ke Museum Ulen Sentalu.

Untuk informasi lebih lengkap kalian bisa kunjungi website resmi museum ulen sentalu disini

Post a Comment