Thursday, September 15, 2016

Tips Mengatasi Jerawat

Yogyakarta, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta, Indonesia
Hi !
Kalian memiliki jerawat di hidung?
Seperti jerawat batu?
Tangan kalian gatal untuk menggaruknya ?
Bekas hitam karena jerawat?

Yups, itu salah satu masa SMA yang aku lalui!
Wajah berminyak, kena matahari dan terlebih cuci muka pas ibadah aja tanpa pembersih apapun. Jerawat itu nggak masalah buat aku waktu SMA tapi semua berubah semenjak aku kuliah. Dari perjalanan panjang aku
banyak melalui uji coba terhadap diri sendiri kenapa dan kapan jerawat itu muncul!

1. Kurang Olahraga 
    Dulu saat masih SMA aku pernah mengikuti paskibraka, latihan yang keras membuahkan keringat. Berkat keringat yang keluar itu wajah ku terlihat lebih bersih. Jerawat batu jarang muncul kecuali waktu lagi PMS (pramenstruasi). Terbukti karena aku tidak bisa menjaga ritme olahraga setelah selesai masa tugas, jerawat kembali menyapa!
    Olahraga yang bisa kalian lakukan itu banyak sekali guys! Salah satunya yoga, soalnya saat ini aku sedang mengikuti kelas yoga. Olahraga yang menurutku cukup ringan namun menyulitkan. 

2. Pola Makan
    Yups!
    Selanjutnya, kalian perlu tahu kebiasaan makan kalian agar mengetahui apa yang menyebabkan jerawat itu muncul. Contohnya aku yang nggak boleh banyak mengkonsumsi protein seperti ayam, telur, susu, keju, etc. Semua itu adalah makanan mahasiswa sobat, terlebih ayam. Beberapa kali aku makan ayam 3 kali dalam waktu sehari dan hasilnya jerawat itu muncul. Begitu juga saat aku makan mie dicampur keju dan telur, hasilnya sama. Sempat frustasi namun kalau aku tidak bisa membatasi dan mengingatkan diri sendiri siapa lagi yang peduli dengan tubuh ini. Orang lain bisa mengingatkan akan larangan yang kita buat namun semuanya kembali ke kita memang ingin mematuhi atau sebaliknya. 
    Saat ini, aku mengusahakan hanya makan 1 kali sehari makanan yang mengandung protein tinggi selebihnya tidak teratur. Kadang makan sayur, buah ataupun memilih tidak makan (ada saatnya kita nggak mau memasukan apapun ke mulut). Hasilnya, jerawat batu itu jarang muncul malah berubah menjadi jerawat kecil. 

3. Make Up
    Pengalaman mengajarkan kita bahwa cantik itu menyedihkan, kalau nggak make up begini kl nggak begitu. Beberapa kali aku menggunakan jasa mua (makeup artist) , jerawat muncul karena tidak cocoknya produk yang digunakan pada kulit wajah karena pada saat itu aku masih belum mempelajari jenis produk yang baik untuk kulit wajahku. Sebaiknya, sebelum menggunakan jasa mua, tanyakan jenis produk yang tersedia sehingga bisa mencari info terlebih dahulu produk yang tepat untuk kulit wajah kalian.

4. Bersihkan Wajah
    Kurang keset? Gosok terus!
    Jangan terlalu kuat menggosok area wajah, karena pengalaman ku bersihnya wajah bukan berarti kamu harus menggosoknya dengan keras. Yang penting sesuai dengan aturan, menggunakan milk cleanser, toner dan cuci muka juga harus yang sesuai jenis kulit. Jangan mengabaikan wajah kita untuk esok hari bisa saja jerawat itu muncul kembali. Terlalu sering membersihkan wajah juga tidak baik, bisa jadi kulit terasa lebih kering ataupun mengakibatkan iritasi.

5. Alat tidur
    Selamat tidur kamu yang disana, jangan lupa bersihkan bantal, guling dan boneka disekitaran kamu sesuai jadwal. Bantal bersentuhan langsung dengan wajah, bisa jadi karena sudah terlalu lama tidak diganti bakteri yang menumpuk dibantal mengakibatkan wajahmu berjerawat, begitu juga dengan teman yang lain. Jadilah anak yang rajin mencuci sprei dan menjemur perkakas tidur mu ya nak, demi masa depan wajah gemilang!

6. Keramas
    Ayo yang banyak ketombe siapa? Ngaku aja.
    Sama halnya seperti alat tidur, rambut kalian yang jarang dicuci mengandung bakteri dan minyak yang mampu menimbulkan jerawat. Maka diusahakan sebelum kalian tidur, gerai keatas kepala agar tidak mengenai pipi dan sekitaran leher.


Sekian beberapa tips dari pengalaman aku, mungkin kalian punya pengalaman lain yang bisa ditambahkan pada kolom komentar. Lebih baik mencegah dari pada mengobati, sukses buat kalian !

Post a Comment