Friday, May 17, 2013

Panduan Google Sketch Up - Meja

Yogyakarta, Indonesia
Mengenal Google Sketch Up
     
   Google SketchUp merupakan aplikasi berbasis desain gambar yang mudah dan cukup powerfull, dibalik tool yang sederhana ternyata software ini bisa dibandingkan dengan software sejenisnya untuk gambar tiga dimensi seperti desain rumah atau yang lainnya, tidak hanya itu Google SketchUp mempunyai banyak kelebihan dalam hal teknik gambar, begitu cepat, mudah dan efisien, apalagi kalau digabungkan dengan plugin Vray, sejenis software Rendering yang paling populer sekarang, hasilnya bisa jauh lebih bagus.
          Program ini sangat populer dikalangan pencinta desain 3D, karena program ini gratis, semua orang bisa mendownloadnya langsung tanpa harus bayar, akan tetapi software Google SketchUp mempunyai dua Versi, pertama Google SketchUp versi biasa dan versi Pro, untuk versi Pro, kita harus membayar lisensinya terlebih dahulu.
            Untuk lebih jelasnya dibawah ini langkah-langkah untuk mengaktifkan program Google SketchUp :


  • Pilih menu Start - All Program
  • Pilih Google SketchUp 7 - Google SketchUp

Tampilan Google SketchUp


  1. Pull Up Down Menu : Dari File samapai Help merupakan tool menu yang umum disetiap software, digunakan untuk menyimpan, membuka, atau mengedit objek gambar.
  2. Toolbar Standar : Pada Toolbar Standar disini terdapat icon-icon perintah untuk menggambar objek, mengukur, menseleksi, memindahkandan menyisipkan material atau pewarnaan.
  3. Large Tool Set : Merupakan pengembangan dari Toolbar Standar dimana ada penambahan icon-icon atau perintah.
  4. Measurements : Merupakan panel untuk menyisipkan ukuran objek gambar.
Tools Google SketchUp


Fungsi :

1. Select : Berfungsi untuk memilih atau memodifikasi objek/model
    ketika menggunakan alat-alat lain atau  perintah.
2. Make Component : Berbeda dengan Group, Make Component digunakan
    untuk menggabungkan objek satukesatuan.
3. Paint Bucket : Digunakan untuk mewarnai atau menyisipkan material
     pada objek.4.    Eraser : Untuk menghapus gambar atau material.


4.  Eraser : Untuk menghapus gambar atau material.
 
5.  Rectangle : Untuk menggambar objek berbentuk kotak.
 

6.    Line : Untuk menggambar garis lurus. 
7.    Circle : Untuk menggambar objek berbentuk bulat.

8.    Arc : Untuk menggambar setengah lingkaran.  
9.    Polygon : Untuk menggambar objek segi 4, 6, 8 dan seterusnya.



10.    Freehand : Untuk menggambar bebas.
 

11.    Move : Untuk memindahkan objek.
 






12.    Push/Pull : Untuk mendorong atau mengubah objek menjadi 3 dimensi.











13.    Rotate : Untuk memutar objek.











14.    Follow Me :  Untuk mendorong objek yang disesuaikan.

 








15.    Scale : Untuk mengubah ukuran besar kecil objek yang di skala kan.


16.    Offset : Menduplikasi garis objek yang disesuaikan.









17.    Tape Measure Tool : Digunakan untuk mengukur.










18.    Dimension : Digunakan untuk memberi dimensi pada objek.


19.    Protractor : Untuk Ukur sudut miring Konstruksi dan menciptakan entitas Line.













20.    Text Tool : Untuk  menyisipkan tulisan.










21.    Axes : Memindahkan atau reorientasi sumbu menggambar.



22.    3D Text : Membuat teks 3 dimensi.













 
23.    Orbit : Untuk memutar pandangan objek.










24.    Pan : Memindahkan pandangan objek secara vertikal dan horizontal

 








25.    Zoom : Untuk memperbesar atau memperkecil pandangan objek.



26.    Zoom Extents : Untuk memperbesar objek satu layar.
27.    Previous : Undo preview
28.    Next : Redo preview
29.    Position kamera : Posisi kamera (pandangan Anda) pada ketinggian

          tertentu untuk memeriksa objek saling berhadapan atau berjalan melalui model.
30.    Look Around : Pivot kamera (pandangan Anda) dari titik stasioner.
31.    Walk : Berjalanlah melalui (tur) model.
32.    Section Plane : Buat pemotongan bagian efek memungkinkan Anda

          untuk melihat geometri dalam model.


Latihan 1 : Menggambar Objek Sederhana (Meja)

1.      Setting awal unit yang akan dipakai Windows > Model Info > Unit > Desimal > Centimeter

2.      Buat circle (Lingkaran) pada titik manapun dengan ukuran 55 cm (input = 55)


 






3.      Push/Pull lingkaran yang telah dibuat dengan tinggi 4 cm


 





4.      Buat garis bantu sepanjangg 110 cm dengan menggunakan Tape Measure, kemudian dilanjutkan dengan memblok garis bantu tersebut lalu tekan Move + Ctrl geser kekanan sejauh 4 cm (input = 4) sehingga membentuk seperti gambar dibawah ini :


 



5.      Setelah membuat garis bantu lanjutkan dengan membuat Rectangle (Persegi) pada garis bantu tersebut dengn ukuran 4 cm dan hapus semua garis bantu hingga terbentuk sepeti gambar dibawah ini :



  
6.      Dari persegi tersebut Push/Pull kebawah sepanjang 65 cm. Jika kesulitan untuk mengetik panjang push dari objek selanjutnya, anda bisa mengintersectionkan dengan cara arahkan Push/Pull tersebut ke objek yang sudah di Push/ Pull sebelumnya.


 




                              
7.      Untuk membuat penyangga kaki-kaki meja pertama-tama buat garis vertical menggunakan Line dengan tinggi 7 cm, buat kembali garis bantu dengan Tape Measure. Pada setiap kaki-kai meja.



 



8.      Setelah membuat garis bantu, buat kembali Rectangle (Persegi) dengan ukuran 4 cm (input=4), dibuat pada ujung garis bantu pada kaki-kaki meja. Kemudian hapus semua garis bantu dan Push/Pull persegi yang telah dibuat pada kaki-kaki meja. Lihat gambar di bawah ini :



 

                                                                                                                       




 

                   
9.      Beri material dengan Wood objek meja yang sudah jadi.





Referensi :
Modul Praktikum Komputer Tahun 2013 , FTSP-TL ,Universitas Islam Indonesia .
http://aanmsa.blogspot.com/2012/01/tutorial-gambar-3d-di-google-sketchup.html diambil tanggal 18 Mei 2013



 

1 comment