Wednesday, November 2, 2016

10 Kesalahan Pola Hidup Mahasiswi/a Menimbulkan Jerawat

Indonesia

Putus asa sama skin care yang kalian gunakan sekarang? Sama!
Bingung ganti skin care? Sama!

Banyak pertanyaan seperti diatas yang muncul dari para skin care hunter. Sebelumnya, aku bakal jelasin jenis kulitku biar tepat sasaran :)
Jenis kulit ;
Area T berminyak dan sekitaranya kering bisa dibilang oily-combination

Warna kulit ;
Putih kemerahan sehingga saat ada bekas jerawat akan nampak jelas

Jenis jerawat ;
Jerawat batu di dagu dan sekitarnya, menyebar sesukanya dan itu sakit dan besar sekali :(

Oh, jerawat! Kau anugrah sekaligus derita bagi pemiliknya namun tetap harus disyukuri [mencoba tegar]. Semoga kita tetap bersabar sampai menemukan skin care yang tepat [Amiiinn]

Masa SMA ;    
Selama tinggal dirumah bersama orang tua, makan dan keadaan kita tentu terjamin begitu juga dengan masalah pada wajah. Walaupun semasa SMA hanya cuci muka dengan sabun mandi, jerawat batu itu tidak menunjukkan tanda-tanda akan muncul bila belum saatnya waktu PMS.

Masa Perkuliahan ;
Makan tak teratur, tidur ga ada waktu, tugas menumpuk dan saat itu mulai jerawat mulai bermunculan dari area tak terduga, dari pipi yang dulu tak pernah ada sampai jidatpun tumbuh jerawat. Ada banyak kesalahan yang terjadi pada pola hidupku di perkuliahan yang membuat jerawat itu muncul ;

[Kesalahan Pertama] 
Yups, kebetulan aku tinggal diatas gunung. Tentu makanan seafood tetap ada namun tidak dengan kondisi segar karena memakan waktu yang lama untuk sampai sini namun aku harap itu ga jadi masalah bagi kulit namun terjadi kebalikannya, alergi muncul bersama jerawat batu di area kulit wajah. Sejak saat itu, aku menghindari makan seafood demi diri sendiri.

[Kesalahan ke-Dua]
Alasan untuk malas berolahraga muncul dari semester awal yang sibuk, keasikan dan segala hal mengenai sosialisasi dan aku melupakan yang namanya olahraga. Waktu kosong lebih memilih tidur dan jerawatpun bermunculan. Kondisi tempat tinggal yang dingin membuat keringat sangat jarang keluar sehingga dibutuhkan usaha ekstra seperti olahraga untuk mengeluarkan keringat. Kemudia,aku bertekad untuk berolahraga [Yah, sampai batas tekad namun belum terlaksana :( ]

[Kesalahan ke-Tiga] 
Ayam, tempe, terong, keju, susu dan segala hal berbau protein tidak bisa memakanya secara berlebihan, kalian tau? itu juga menyebabkan alergi dan jerawat muncul diwajah. Sempat frustasi dan hanya konsumsi buah dan sayur malah kena diare [haha]. Jadi sekedar mengatur diri sendiri, semisal dalam satu hari sudah makan ayam artinya ga boleh makan ayam untuk kedua kalinya. Sungguh ini aku lakukan karena rasa malu ketika sedang bersama teman untuk berfoto namun kita malah sibuk untuk menghindar dan menutupi jerawat di hidung, aku tidak mau itu terjadi lagi :(

[Kesalahan ke-Empat]
Saya kurang minum air putih jadi jarang pipis karena jarang pipis jerawat suka muncul [haha], aku bergurau.Selain baik untuk kulit, air putih sangat dibutuhkan untuk membantu kinerja organ tubuh kita. Walaupun ada berbagai minuman menarik yang bisa diminum, kita tetap harus mengutamakan air putih! Infius water juga bagus untuk kulit berjerawat, seperti buah lemond yang kaya akan vitamin C. Saat ini aku menerapkan infius water dengan buah lemond, loh!
Cara membuat infius water ala myooung ; 
  • Gunakan  1 buah lemond, iris sebanyak 4 potong bisa lebih 
  • Masukan kedalam botol minum yang sudah berisi air
  • Masukan potongan lemond
  • Diamkan selama 4 jam di dalam lemari es atau suhu ruangan
  • Setelah 4 jam, infius water siap diminum
  • Buah lemond yang ada dibotol aku gunakan 3 kali pemakaian, setelah pemakain pertama habis, aku akan mengisinya kembali untuk pemakaian kedua dan ketigadengan cara yang sama di diamkan selama 4 jam    
Tidak ada salahnya mencoba pencegahan jerawat dari berbagai aspek, dari pola makan, minum maupun tidur.

[Kesalahan ke-Lima] 
Tadi udah disindir untuk masalah tidur, pola tidur selama masa SMA [mari kita ingat] paling malam tidur karena film maksimal jam 12 malam namun semenjak kuliah, tidak ada istilah jam 12 tidur! Tidur dan tinggalkan tugas atau tidak tidur sama sekali bila ada kelas pagi [haha].
Ketiduran di kelas, sudah biasa.
Tidak tidur, sudah biasa.
Selesai subuh baru tidur, sudah biasa.
Bagaimana dengan pola tidur seperti itu, jerawat tidak muncul ?!
Untuk kali ini, aku ga bisa kasih solusi. Cukup hadapi saja masa itu dan perbaiki setelahnya.

[Kesalahan ke-Enam]
Seberapa sering kalian mencuci sprey dan selimut?
Seberapa sering kalian mengganti sarung guling dan bantal?
1 minggu? 1 bulan atau 1 tahun?
Sumber terdekat bakteri dengan wajah kita adalah benda-benda diatas. Mungkin kalian perlu ketahui, waktu yang tepat untuk mengganti peralatan tidur adalah 2 minggu, jadi sebaiknya yang sudah 1 tahun tidakganti sprey sebaiknya dicuci dulu. 

[Kesalahan ke-Tujuh]   Selain peralatan tidur, kalian perlu waspadai rambut kalian!
Bakteri yang menempel di rambut bisa menyebabkan jerawat, loh! Apalagi rambut yang jarang dikeramas [aku aku aku], aku bergurau. Masuk akal bila rambut kita kontak langsung dengan polusi sehingga banyak bakteri yang menyebabkan jerawat. Aku biasanya keramas 2 hari sekali, namun itu tergantung aktivitas. Bila aktivitas banyak mengeluarkan keringat maka aku akan segera keramas. Selain itu, setiap aku akan tidur ada baiknya rambut digerai ketas tidak kesamping maupun ditindih pada leher sekedar untuk mengurangi kontak langsung antara rambut dan wajah. It's work!

[Kesalahan ke-Delapan]
Pegang sana, pegang sini, sentuh wajah
Yang suka garuk-garuk siapa ya? [aku aku aku]
Jagalah kebersihan kuku karena bakteri berpindah salah satunya karena ada bantuan dari tangan dan kuku kalian. Memiliki kuku yang panjang akan sangat banyak berefek pada kulit wajah, soalnya aku dari dulu ga terbiasa memiliki kuku yang panjang sehingga kurang bisa merawat jadinya setiap kuku bertambah panjang, jerawat itu mulai timbul dan berpindah tempat :(
Garuk kepala, sentuh wajah, itu siapa? [aku aku aku]
dan sekarang aku suka mengatasinya dengan tisu basah sebelum menyentuh wajah sebagai tindakan pencegahan [haha].

[Kesalahan ke-Sembilan]    
Angin semilir menerpa wajah, adem.
Bagi pengguna motor seperti aku, pasti keasikan sama udara yang terkena wajah. Ingat, udara nya mengandung polusi yang tentu bisa menyebabkan jerawat. Sudah saatnya kalian menggunakan masker, selian untuk menghindari polutan menempel diwajah, menjaga paru - paru kita dari masalah kesehatan. Cantiknya disembunyiin dulu ya, biar kulitnya mulus :)

[Kesalahan ke-Sepuluh]
PMS, sungguh ini bukan kesalahan namun sebuah anugrah yang menumbuhkan jerawat dan solusinya hanya hadapi dan selesainya perbaiki [semangat!]

Itu beberapa masalah jerawat yang aku alami. Bagaimana dengan kalian?
Setelah ini, aku bakal berbagi pengalaman mengenai skin care apa aja yang udah aku pake buat mengatasi jerawat. Semoga, dari beberapa skin care yang aku gunakan bisa jadi solusi untuk mengatasi jerawat yang kalian miliki [Amiiin]
    

Post a Comment