Friday, July 21, 2017

10 Kegiatan Penyebab Jerawat Yang Perlu Diketahui!

Indonesia

Tulisan ini dipersembahkan bagi seseorang yang putus asa dalam melakukan perawatan.
Serta dipersembahkan bagi insan yang kebingungan untuk memilih skin care.
Tenang, hal diatas nggak Cuma kalian yang rasain.
Banyak orang merasakan hal yang sama.
Namun punya cara berbeda untuk menyelesaikannya.
Kali ini saya akan memberikan informasi yang membuat kalian bisa mencari solusi sendiri.
Terutama bagi yang punya masalah jerawat, kulit berminyak, kombinasi atau sensitif.
Sebenarnya masalah itu bisa dicegah kalau kita menemukan cara yang tepat.

Berbicara sedikit mengenai masalah kulit yang saya alami,
kulit saya sendiri memiliki masalah yang sama dengan kalian namun saya menemukan cara mengatasinya dengan beberapa kebiasaan yang mudah diikuti.
Dari masa SMA sampai kuliah tentu kita punya pola hidup yang berbeda.
Semasa SMA saya selalu mengalami jerawat hanya ketika waktu PMS walaupun hanya cuci muka dengan sabun mandi namun saat kuliah cara ini sudah tidak bisa diterapkan.
Makanan yang sudah tidak teratur, waktu tidur yang berkurang dan stress membuat jerawat bermunculan tidak hanya diwaktu PMS.

Kemudian saya menerapkan beberapa hal dalam pola hidup yang bisa mencegah beberapa masalah kulit itu muncul, sangat mudah untuk diikuti dan semoga ini juga berhasil bagi kalian ;

Seafood
Bagi pecinta seafood, saatnya kalian mencurigai asupan makanan satu ini.
Pengolahan & kondisi seafood yang salah serta kurang segar bisa membuat alergi bahkan jerawat.
Bahkan udang yang tidak dibersihkan dengan benar juga bisa membuat keadaan itu bisa terjadi.
Bukan berarti kita tidak boleh makan seafood lagi, loh!
Kita bisa cari solusinya yaitu kita mesti mengetahui kondisi geografis daerah yang kita tinggali, misalnya kita tinggal di atas gunung yang jarak lautnya jauh dan membutuhkan proses panjang untuk mengirim stock seafood ke daerah kita, tentu seafood yang sampai sudah tidak dalam keadaan segar. Jadi, kita bisa batasi makan seafood di daerah yang jauh dari lautan atau kita bisa memilih tempat mana yang pengolahannya bersih dengan kondisi seafood masih segar. Batas amannya, kita mesti memberikan jarak sekitar 1-2 hari setelah memakan seafood agar mengetahui efek samping dari jumlah yang kita makan, pengolahan tempat makan tersebut bersih atau tidak serta kesegaran seafood yang kita makan.
Bila masalah pada wajah kita tidak semakin parah, artinya kita sudah menemukan solusi dalam jumlah porsi seafood yang kita makan, tempat makan seafood yang aman dan jarak waktu untuk kita bisa makan seafood lagi.
Sudah saatnya kita mencari tahu kondisi serta pengolahan seafood yang kita makan, siapa tahu merupakan salah satu penyebab masalah dari masalah kulit yang kita alami.

Olahraga
Banyak faktor yang membuat kita malas berolahraga salah satunya malas berkeringat.
Keringat yang keluar dari dalam tubuh kita bermanfaat mengeluarkan racun namun bagi sebagian orang berkeringat menjadi hal yang mesti di hindari karena bisa mengurangi kualitas penampilan saat beraktivitas.
Saatnya kita merubah konsep olahrga itu sendiri dengan cara tidak menjadikan olahraga mesti dilakukan sampai bercucuran keringat dan bisa dilakukan dimanapun serta kapanpun!
Konsep sederhananya yaitu kita bisa memilih naik tangga dibanding menggunakan lift atau ekskalator, keadaan ini bisa ditemukan pada banyak tempat.
Kita bisa lakukan secara rutin tanpa mengganggu jadwal acara kita bahkan seiring waktu bisa bertambah misalnya dengan membiasakan diri berjalan kaki. 
Bisa kita rasakan sendiri, saat kita berolahraga kondisi kulit akan lebih sehat bahkan terhindar dari banyak masalah kulit.
Jika kita memiliki waktu yang cukup untuk melakukan olahraga, pilih hal mudah dan murah untuk dilakukan yaitu gunakan layanan internet untuk mengakses panduan olahraga seperti yoga, zumba bahkan aerobik.

Protein
Ayam, tempe, terong, keju, susu dan segala hal berbau protein menjadi makanan favorit bagi sebagian orang. Perlu kalian ketahui, itu semua tidak bisa kita makan secara berlebihan karena bisa menjadi penyebab masalah kulit.
Kembali lagi, bukan berarti kita tidak boleh mengkonsumsi hal diatas namun kita bisa membatasi asupannya. Solusinya yaitu kita bisa mengatur asupan protein yang masuk, semisal dalam satu hari kita bisa mengkonsumsi 1-2 macam protein seperti ayam dan keju. Hari berikutnya kita bisa terapkan hal yang sama atau menaikan dosis asupan protein dengan memberikan jarak 1-2 hari untuk mengetahui efek samping yang ditimbulkan pada kulit wajah.

Air putih
Kondisi cuaca yang dingin tentu bisa jadi alasan kita jarang mengkonsumsi air putih.
Walaupun panas sekalipun masih banyak dari kita jarang mengkonsumsi air putih karena tidak haus.
Jadikan air kencing kita sebagai parameter cukup atau tidaknya konsumsi air putih bagi tubuh. Warna pada air kencing mengidentifikasi kondisi dalam tubuh, jika warna kuning berarti konsumsi air putih kita masih kurang. Warna air kencing yang baik adalah bening yang berarti konsumsi air putih kita tercukupi namun bukan berarti kita tidak perlu minum lagi. Jadikan minum air putih sebagai kebiasaan walaupun diluaran sana banyak minuman rasa-rasa karena konsumsi air putih menghindari kita dari banyak masalah kulit.
Infius water juga bagus untuk kulit berjerawat, seperti buah lemond yang kaya akan vitamin C dan ini bisa jadi minuman rasa-rasa yang lebih sehat
Cara membuat infius water dari buah lemond:
  • Gunakan  1 buah lemond, iris sebanyak 4 potong bisa lebih 
  • Masukan kedalam botol minum yang sudah berisi air
  • Masukan potongan lemond
  • Diamkan selama 4 jam di dalam lemari es atau suhu ruangan
  • Setelah 4 jam, infius water siap diminum
  • Buah lemond yang ada dibotol aku gunakan 3 kali pemakaian, setelah pemakain pertama habis, aku akan mengisinya kembali untuk pemakaian kedua dan ketigadengan cara yang sama di diamkan selama 4 jam    
Tidak ada salahnya mencoba pencegahan jerawat dari berbagai aspek, dari pola makan, minum maupun tidur.

Tidur
Tadi udah disindir untuk masalah tidur, pola tidur selama masa SMA paling malam tidur karena film maksimal jam 12 malam namun semenjak kuliah, tidak ada istilah jam 12 tidur!
Tidur dan tinggalkan tugas atau tidak tidur sama sekali bila ada kelas pagi.
Ketiduran di kelas, sudah biasa.
Tidak tidur, sudah biasa.
Bagaimana dengan pola tidur seperti itu, jerawat tidak muncul?
Jika sedang mengalami posisi diatas, maka sebaiknya kita memiliki prinsip tersendiri untuk beristirahat. Entah bagaimanapun caranya kita mesti memiliki waktu untuk beristirahat karena dalam keadaan sakit kita tidak akan bisa melakukan apapun maka istirahatlah yang cukup bagaimanapun caranya kita meraih hal itu.
Semangat!

Kebersihan
Seberapa sering kalian mencuci sprey dan selimut?
Seberapa sering kalian mengganti sarung guling dan bantal?
1 minggu? 1 bulan atau 1 tahun?
Sumber terdekat bakteri dengan wajah kita adalah benda-benda diatas
Mungkin kalian perlu ketahui, waktu yang tepat untuk mengganti peralatan tidur adalah 2 minggu, jadi sebaiknya yang sudah 1 tahun tidak ganti sprey sebaiknya dicuci dulu 

Rambut
Selain peralatan tidur, kita perlu waspadai rambut!
Bakteri yang menempel di rambut bisa menyebabkan jerawat, loh!
Apalagi rambut yang jarang dikerama.
Rambut kita yang suka diterbang angin, disemprot knalpot menjadikan bakteri menempel disana.
Biasakan keramas 2 hari sekali atau sesuaikan dengan aktivitas yang kita lakukan.
Bila aktivitas banyak mengeluarkan keringat maka kita bisa segera keramas.
Selain itu, setiap akan tidur usahakan mengurangi kontak langsung antara rambut dan wajah dengan cara rambut digerai ke atas tidak kesamping maupun ditindih pada leher. It's work!

Garuk-garuk
Pegang sana, pegang sini, sentuh wajah.
Siapa yang sukanya garuk-garuk?
Jagalah kebersihan kuku karena bakteri berpindah salah satunya karena ada bantuan dari tangan dan kuku.
Memiliki kuku panjang akan sangat banyak berefek pada kulit wajah apalagi yang tidak biasa merawat kuku panjang dan memiliki kebiasaan garuk-garuk.
Bila kita masih menginginkan kuku panjang dan sudah terbiasa garuk-garuk maka kita bisa mengatasinya dengan menggunakan tisu basah sebelum menyentuh wajah sebagai tindakan pencegahan.

APD (Alat Pelindung Diri)    
Angin semilir menerpa wajah, adem!
Bagi pengguna motor pasti keasikan sama udara yang terkena wajah.
Ingat, udara mengandung polusi yang tentu bisa menyebabkan jerawat.
Sudah saatnya kalian menggunakan masker, sekalian untuk menghindari polutan menempel diwajah serta menjaga paru - paru kita agar terhindar dari masalah kesehatan.
Cantiknya disembunyiin dulu ya, biar kulitnya mulus :)

PMS
Sungguh ini bukan kesalahan namun sebuah anugrah yang menumbuhkan jerawat dan solusinya hanya hadapi dan selesainya perbaiki [semangat!]

Itu beberapa informasi berdasarkan pengalaman saya dalam mengatasi timbulnya masalah jerawat. 
Bila kalian memiliki informasi lagi, kalian bisa share di kolom komentar mengenai pengalaman kalian dalam mengatasi jerawat.
Setelah ini, saya akan berbagi pengalaman mengenai skin care apa aja yang udah digunakan. Semoga, dari beberapa skin care bisa jadi solusi untuk mengatasi jerawat :)

Post a Comment