Monday, July 10, 2017

Tips Sukses Belanja Online

Indonesia

Belanja merupakan sebuah kebutuhan walaupun hal-hal yang kita dapatkan tidak sepenuhnya bisa didapatkan dengan mudah. Kadang beberapa produk belum tersedia di Indonesia ataupun di toko terlengkap di kota kita. Jadi kita perlu melakukan pemesanan dari luar kota atau negeri. Di era modern nan digital banyak aplikasi online yang menawarkan diri untuk memberikan solusi kepada kita. Nah, sebelum belanja online kita harus mengetahui tips dasar belanja online agar tidak menjadi korban penipuan !

KESADARAN



Disini, saya memasukan sistem kesadaran sebagai aspek dasar belanja online. Dalam keadaan sadar kita bisa mengetahui dengan mudah toko online yang bisa dipercaya dibandingkan saat kita tergesa-gesa atau mabuk perjalanan, dalam keadaan sadar kita bisa berpikir cemerlang. Utamakan membaca testimoni atau review sebuah toko online sebelum melakukan pembelian. Baca peraturan yang diterapkan oleh toko online mengenai cara pembayaran, refund, pelaporan merupakan salah satu hal yang juga perlu diperhatikan sebagai konsumen. Tanpa kita sadari itu memerlukan kesadaran karena kita akan memutuskan suatu hal yang beresiko. Terdengar berlebihan bila kita hanya sekedar membeli sabun mandi secara online yang harganya 2000 tapi percayalah 1 juta tidak akan menjadi 1 juta bila kehilangan 2000.

KEBUTUHAN



Kita akan melihat aneka penawaran dari toko online dan itu tidak bisa dihindari! Bagi sebagian orang yang memiliki tujuan tentunya itu merupakan hal mudah untuk menghindarinya sehingga sangat disarankan untuk fokus dengan kebutuhan saat berbelanja. Hindari kebutuhan yang bisa kita beli bulan depan dengan tambahan diskon atau bahkan didapatkan secara gratis. Sekalipun produk itu hanya tinggal satu, jangan ragu untuk tinggalkan jika kita tidak membutuhkannya karena suatu saat kita akan menemukan penggantinya pada waktu yang tepat kok. Percaya deh!

KEMAMPUAN



Toko online A menawarkan harga lebih murah dari B maka secara manusiawi kita akan memilih toko online A. Sangat direkomendasikan untuk mencari penawaran yang terbaik entah itu dari kualitas dan harga, bisa dipastikan kita butuh waktu untuk mendapatkan hal tersebut. Jadi, pastikan kita memiliki waktu yang cukup untuk melakukan survei sederhana antar toko online!

UKURAN



Biasanya terjadi saat kalian membeli kebutuhan sandang. Jadilah orang kritis terhadap penjual saat akan membeli kebutuhan sandang untuk menghindari kita dari kesalahan ukuran. Tentunya saat kita membeli ukuran yang salah selain merugi waktu kadang beberapa toko online tidak menerima pengembalian. Bertanyalah agar tidak merugi!

BUDGET



Budget terbatas tapi ingin belanja kebutuhan namun tidak mendesak, sebaiknya bersabar. Berikan waktu agar budget tersebut mencukupi (menabung) namun jika ternyata kebutuhan tersebut mendesak maka solusinya adalah menggunakan budget tersebut sebaik mungkin. Misalnya saat itu kalian membutuhkan gaun untuk acara perpisahan, solusi yang bisa kita perhitungkan yaitu meminjam, menyewa, membeli baru atau second hand. Percayalah, berpenampilan sesuai budget tidak akan membuat kita malu dalam menjalani hidup namun saya rasa kita terlihat lebih kritis :)

Itulah beberapa tips sukses belanja online ala Myooung, semoga bermanfaat!
Yey! Postingan ke 5 untuk tantangan #30DWCJILID7. Semangat bagi peserta 30DWC, semoga semangat ini terus bertambah setiap harinya :D

Post a Comment