Monday, May 15, 2017

[TIPS] Dapetin temen dari seluruh dunia? Join Postcrossing!

Indonesia
Belum pernah dengar postcrossing? 
Atau udah join lama dengan postcrossing ? 
Mesti banyak dari kita pengen kenalan dengan orang dari luar negera.
Diera modern hal itu cukup mudah, kita memiliki banyak pendukung seperti medsos yang dapat mempertemukan kita dengan banyak orang karena kemudahan tersebut, kita tidak merasakan bagaimana menunggu lama untuk mengetahui kabar seseorang diluar sana. Nah, disini postcrossing menyuguhkan pengalaman menarik untuk mengenal orang dari seluruh dunia!

Pengalaman yang akan kita dapatkan dari mengirimkan kartu pos!
Kartu pos dari masing-masing negera tentu berbeda, ga mungkin kartu pos dengan gambar borobudur ada di negera US dan sebaliknya. Baiklah tanpa perpanjang lagi inilah cara untuk join Post Crossing, dimulai dari kita buka link berikut  www.postcrossing.com.

Tampilan Depan Post Crossing
Setelah membaca dan memahami halaman depan mengenai apa itu post crossing, member, beberapa updatean dari beberapa member dan jenis kartu pos. Setelah itu kita bisa klik Sign Up pada halaman itu.

Tampilan Sign Up Post Crossing
Disini kita mesti mengisi keterangan pribadi, bisa menggunakan nama pena namun saat menuliskan alamat kita mesti mencantumkan nama asli agar kartu pos tersebut sampai ke tujuan. Penulisan alamat juga ada ketentuannya dan kita bisa download ketentuan tersebut pada saat sign up dimana ada tulisan UPU Recommendation for Indonesia
Selanjutnya klik Sign me up!

Welcome to Postcrossing!
Selanjutnya kita akan diberikan 3 syarat sebelum memulai perjalanan ke seluruh dunia.
Selesaikan dari awal, seperti konfirm email, kemudian baca beberapa hal yang perlu kalian ketahui pada syarat kedua dan terakhir kita bisa klik Send a postcard.
Note! Untuk syarat kedua tidak akan dicoret seperti syarat pertama

Konfirmasi pada setiap syarat
Teman Pertama
Nah, selanjutnya akan ditampilkan profil seseorang seperti pada gambar, jangan lupa setiap ingin berkirim surat selalu tampilkan Postcard ID agar surat kita bisa dikonfirmasi saat sampai oleh penerima surat. Jangan takut untuk kehilangan alamat teman yang akan kita kirimi surat karena otomatis sudah terkirim pada email yang kita gunakan saat sign up.

Tampilan informasi pada email
Disini kita jangan berharap untuk langsung mendapatkan kartu pos setelah join 
karena mesti mengirimkan surat terlebih dahulu sebanyak 5 kartu pos.
Tampilan traffic pengiriman kartu pos yang kalian lakukan 
Setelah kita mengirim kartu pos pada orang yang sudah ditentukan, maka kita bisa minta alamat lagi dengan cara klik request address. Maka tampilan pada teman pertama akan muncul kembali dengan profil serta negara yang berbeda. Dari berbagai profil yang di dapatkan biasanya terdapat catatan untuk pengirim kartu pos dan ini cukup penting untuk diperhatikan. Umumnya kartus pos menggunakan bahasa inggris namun tidak jadi kendala bagi kita yang kurang bisa karena dengan kalimat singkat saya yakin mereka akan sangat senang.

Apakah kalian tertarik untuk bergabung? Atau kalian sudah bergabung cukup lama, ceritakan pengalaman kalian untuk menambah semangat saya dalam mengirimkan kartu pos serta mengajak orang lain ikut bergabung dengan post crossing!

2 comments

  1. Wah.. Semua sekarang jadi lebih mudah ya..
    Siapa tahu dengan join to postcrossing bisa menambah silaturahim..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam mas indra,
      Maaf baru cek komentar nya

      Iya mas, dengan kita join postcrossing bisa nambah temen antar negara :)

      Delete